YAYASAN NGUDI WALUYO
STIKES NGUDI WALUYO
Alamat Jl. Gedongsongo – Candirejo, Ungaran Kabupaten.
Semarang
Telp. 024-70500058 / 70500058, Fax. 024-76914411
Website: www.nwu.ac.id
Email
: humas@nwu.ac.id
SATUAN ACARA PERKULIAHAN PERTEMUAN KE-1
Satuan
Pendidikan : STIKES Ngudi
Waluyo
Jurusan/Prodi : DIII Kebidanan
Mata kuliah : ASKEB III
Kode Mata kuliah : Bd. 303
SKS : 4 SKS (T:2, P:2)
Pokok Bahasan :
Kebutuhan Dasar Masa Nifas
Sub Pokok Bahasan : Kebutuhan Dasar Masa Nifas
Semester :
III
A.
CAPAIAN PEMBELAJARAN
Setelah mengikuti perkuliahan
ini mahasiswa diharapkan mampu menerapkan asuhan kebidanan masa nifas tentang
kebutuhan dasar ibu masa nifas.
B.
KEMAMPUAN AKHIR
Setelah mengikuti perkuliahan ini mahasiswa
diharapkan dapat :
1.
Mahasiswa mampu menjelaskan tentang kebutuhan nutrisi
dan cairan pada ibu nifas dengan benar.
2.
Mahasiswa mampu menjelaskan tentang ambulasi pada ibu
nifas dengan betul.
3.
Mahasiswa mampu menjelaskan tentang kebersihan
diri/perineum dengan tepat.
4.
Mahasiswa mampu menjelaskan tentang kebutuhan
istirahat pada ibu nifas dengan benar.
5.
Mahasiswa mampu menjelaskan tentang kebutuhan seksual
pada ibu nifas dengan betul.
6.
Mahasiswa mampu menjelaskan tentang eliminasi yang
meliputi bak dan bab pada ibu nifas dengan jelas.
7.
Mahasiswa mampu mempraktikkan latihan senam nifas
secara sistematis.
C.
BAHAN KAJIAN
1.
Kebutuhan nutrisi dan cairan pada ibu nifas.
2.
Kebutuhan ambulasi pada ibu nifas.
3.
Kebutuhan kebersihan diri pada/perineum pada ibu
nifas.
4.
Kebutuhan istirahat pada ibu nifas.
5.
Kebutuhan seksual pada ibu nifas.
6.
Kebutuhan eliminasi pada ibu nifas,
7.
Latihan senam nifas.
D.
METODE PERKULIAHAN
Perkuliahan dilakukan dengan
metode kooperatif learning, yaitu agar mahasiswa dapat lebih aktif dalam
kegiatan perkuliahan.
E.
KEGIATAN PERKULIAHAN
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
1.
Memberi salam pembuka.
2.
Memperkenalkan diri.
3.
Menjelaskan cakupan materi yang akan disampaikan saat
ini.
4.
Menjelaskan relevensi pokok bahasan ini
dengan profesi kebidanan.
5. Menjelaskan
tujuan pembelajaran ini.
6.
Melakukan apersepsi yang
berkaitan dengan materi yang bersangkutan.
|
± 10 menit
|
Inti
|
1.
Menjelaskan pada mahasiswa tentang nutrisi dan cairan
yang penting bagi ibu pada masa nifas.
2.
Menjelaskan pada mahasiswa tentang pentingnya ambulasi
pada masa nifas.
3.
Menjelaskan pada mahasiswa tentang pentingnya menjaga
kebersihan diri atau perineum pada masa nifas.
4.
Menjelaskan pada mahasiswa
tentang pentingnya istirahat bagi ibu pada masa nifas.
5.
Menjelaskan pada mahasiswa
tentang pemahaman bahwa tidak boleh melakukan hubungan pada ibu masa nifas.
6.
Menjelaskan pada mahasiswa
tentang pentingnya proses eliminasi yaitu BAK/BAB pada ibu masa nifas.
7.
Menjelaskan pada mahasiswa
tentang pentingnya latihan senam hamil pada ibu masa nifas.
8.
Memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk bertanya tentang materi yang
telah disampaikan.
9.
Mempersilahkan mahasiswa lain
untuk ikut membantu menjawab.
10. Mengklarifikasi pertanyaan yang di ajukan mahasiswa.
11. Bersama
mahasiswa menyimpulkan
materi yang telah dijelaskan.
|
± 80 menit
|
Penutup
|
1.
Mengevaluasi materi yang telah disampaikan dengan cara memberikan
pertanyaan kepada mahasiswa.
2.
Memberi penguatan atas jawaban yang diberikan mahasiswa.
3.
Memberikan informasi materi yang akan datang.
4.
Menutup pertemuan dengan memberikan salam penutup.
|
±10 menit
|
F.
ALAT, MEDIA DAN SUMBER BELAJAR
Alat dan Bahan :
Media :
Laptop
(komputer), CD projector, Slide powerpoint, whiteboard,
spidol.
Sumber :
Yetti Anggraini. 2010. Asuhan Kebidanan Masa Nifas. Pustaka
Rihama : Yogyakarta.
Marmi. 2011. Asuhan Kebidanan pada Masa Nifas. Pustaka Pelajar : Yogyakarta.
Depkes,
RI. 2008. Asuhan Persalinan Normal. Jakarta : JNPK-KR.
G.
PENILAIAN
1.
Prosedur : Pre test (terdapat pada awal perkuliahan)
Embeded test (terdapat pada proses
perkuliahan)
Post test (terdapat pada akhir kuliah)
2.
Jenis : Tes lisan
3.
Bentuk : Tes subjektif
4.
Alat : Tes buatan
calon dosen
5.
Soal : Terlampir
Ungaran, 20 April
2015
Dosen
Retdiasty Eka Kusumawardani, S.Tr., Keb.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar